Menu Tutup

Peran Penting Corona Treatment dalam Industri Flexible Packaging

Industri flexible packaging atau kemasan fleksibel telah berkembang pesat seiring dengan meningkatnya permintaan akan kemasan yang praktis, efisien, dan tahan lama. Kemasan fleksibel mencakup berbagai jenis bahan seperti plastik, kertas, dan metal foil yang di gunakan untuk membungkus produk makanan, minuman, farmasi, kosmetik, dan banyak lagi. Salah satu tantangan utama dalam industri ini adalah memastikan bahwa tinta cetak, lem, dan lapisan pelindung akan dapat menempel dengan kuat pada bahan kemasan. Di sinilah proses corona treatment memainkan peran penting.

Apa itu Corona Treatment?

Corona treatment adalah proses di mana tegangan listrik tinggi di aplikasikan pada permukaan bahan kemasan untuk meningkatkan energi permukaannya. Ini di lakukan dengan melewatkan bahan di antara elektroda yang menghasilkan plasma korona. Proses ini mengubah sifat kimia dan fisik permukaan, sehingga meningkatkan daya rekatnya terhadap tinta, lem, dan lapisan lainnya.

Pentingnya Corona Treatment untuk Flexible Packaging

  1. Meningkatkan Adhesi Tinta dan Lem:
    • Permasalahan: Bahan polimer seperti polyethylene (PE) dan polypropylene (PP) yang sering di gunakan dalam kemasan fleksibel memiliki energi permukaan yang rendah, membuat tinta dan lem sulit menempel dengan baik.
    • Solusi: Corona treatment meningkatkan energi permukaan bahan, memas tinta dan lem untuk menempel dengan lebih baik dan lebih tahan lama. Ini sangat penting untuk mencetak label, informasi produk, dan desain grafis pada kemasan.
  2. Kualitas dan Kejelasan Cetak yang Lebih Baik:

    • Permasalahan: Tanpa treatment yang tepat, cetakan pada kemasan bisa tampak buram atau tidak merata.
    • Solusi: Dengan proses ini, tinta menyebar dan menempel secara merata, menghasilkan cetakan yang tajam dan jelas. Ini meningkatkan daya tarik visual dan profesionalisme produk di pasar.
  3. Peningkatan Ketahanan Produk:
    • Permasalahan: Adhesi yang buruk bisa menyebabkan cetakan dan lapisan pelindung terkelupas atau terhapus, mengurangi umur simpan dan daya tarik produk.
    • Solusi: Corona treatment memastikan bahwa lapisan pelindung dan cetakan tetap kuat dan tahan lama, bahkan dalam kondisi penyimpanan dan pengiriman yang menantang.
  4. Fleksibilitas dalam Penggunaan Material Beragam:

    • Permasalahan: Setiap jenis bahan kemasan memiliki sifat adhesi yang berbeda, yang bisa menjadi tantangan dalam produksi massal.
    • Solusi: Corona treatment dapat di sesuaikan untuk berbagai jenis bahan, memungkinkan produsen untuk menggunakan berbagai polimer dan komposit sambil memastikan adhesi yang konsisten dan kuat.

Proses Corona Treatment dalam Praktik

  1. Persiapan Material:

    • Bahan kemasan di persiapkan dan di bersihkan dari debu dan kontaminan yang bisa mengganggu proses treatment.
  2. Penerapan Tegangan Tinggi:

    • Material di lewatkan di antara elektroda corona, di mana tegangan listrik tinggi di terapkan untuk menghasilkan plasma korona.
  3. Interaksi dengan Permukaan:

    • Ion dan radikal bebas dalam plasma korona bereaksi dengan permukaan material, meningkatkan energi permukaannya dan menambahkan gugus fungsional yang membantu adhesi.
  4. Pengukuran dan Kontrol Kualitas:

    • Dyne test pen digunakan untuk mengukur tegangan permukaan bahan sebelum dan sesudah treatment, memastikan bahwa energi permukaan telah meningkat ke tingkat yang diperlukan.

Kesimpulan

Corona treatment adalah teknologi esensial dalam industri flexible packaging. Dengan meningkatkan energi permukaan bahan kemasan, proses ini akan memastikan adhesi yang kuat dan tahan lama atas tinta, lem, dan lapisan pelindung.

Hal ini tidak hanya meningkatkan kualitas dan daya tarik produk, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas produksi.Dyne test pen memainkan peran penting dalam memantau dan memastikan efektivitas corona treatment. Memastikan bahwa setiap produk yang keluar dari jalur produksi memenuhi standar kualitas tertinggi.

Melalui penerapan teknologi ini, industri flexible packaging akan dapat terus berkembang dan memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah.